Saturday, July 19, 2025

Breaking News
>> Soal PAS PPKn Kelas 9 Tahun 2016/2017  >> KALENDER PENDIDIKAN SMPN 13 KOBI TP 2016/2017  >> RPP PPKn Kelas 9 SMP Bab 1 sesuai Kurikulum 2013  >> Rumus baru dalam matematika  >> Beristiqamahlah..!!!  >> 13 Item Penggunaan Dana Bos    

Sabtu, 26 November 2016

RPP PPKn Kelas 9 SMP Bab 1 sesuai Kurikulum 2013






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB 1
(Sesuai Revisi 2016)
MATA PELAJARAN PPKn
KELAS IX SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


OLEH

SUHARDIN, S.Pd., M.M.
NIP 197010051993071003
SMP NEGERI 13 KOTA BIMA
JULI 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)

Sekolah                                  : SMP NEGERI 13 KOTA BIMA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/semester                    : IX/satu
Materi pokok                        : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Waktu                                     : 1 x Pertemuan (3 jp )

A.       Tujuan pembelajaran    :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:          
·        Menjelaskan makna pancasila sebagai dasar Negara
·        Menjelaskan makna pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
·        Menjelaskan penerapan Pancasila pada periode 1945-1950
·        Menyebutkan dua pemberontakan yang terjadi pada periode 1945-1950
·        Menyusun hasil telaah tentang penerapan pancasila pada masa orde lama
·        Menyajikan hasil telaah tentang penerapan pancasila pada masa orde lama

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kpmpetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaranperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupanperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudannilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagaikehidupan

2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasarNegara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembanganzaman.
3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagaikehidupan sehari-hari

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara danpandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasilasebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2 Menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagaidasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaranyang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasilasesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

C.       Materi Pembelajaran
·                  Makna Pancasila sebagai Dasar Negara
·                  Makna Pancasila sebagai pandangan Hidup Bangsa
·                  Penerapan Pancasila pada periode 1945-1950
·                  Pemberontakan yang terjadi pada tahun 1945-1950

D.      Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, metode
pembelajaran menggunakan discovery learning, metode diskusi dengan
model pembelajaran bekerja dalam kelompok dan kajian dokumen
historis

E.        Media, Alat
1.      Media
a.                  Gambar 1.1 muso ; pemimpin pemberontakan PKI di Madiun
b.                  Gambar 1.2 kartosuwiro ; pemimpin pemberontakan DI/TII
c.                   Gambar 1.3 suasana sidang konstituante setelah pemungutan suara berakhir tanggal 2 juni 1959
2.      Alat/bahan
a.                  Proyektor dan komputer
b.                  Alat tulis misalkan spidol, crayon, pensil warna

F.        Sumber belajar
a.         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
c.       Buku Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d.      Buku referensi lain

G.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama
1.   Pendahuluan (15 menit)
a.      Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.       Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c.        Melakukan apersepsi dengan tanya-jawab mengenai Pancasila yang sudah dipelajari di kelas VII dan VIII.
d.       Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
e.       Guru membimbing peserta didik melalui tanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.        Menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g.      Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan

2.    Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
a.    Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 3–4 orang.
b.   Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.1 dan Gambar 1.2 atau guru dapat menayangkan video atau tayangan lain yang sesuai dengan tema upaya penerapan Pancasila pada masa Orde Lama.
Menanya
a.    Setelah mengamati gambar atau tayangan yang disampaikan oleh guru, peserta didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk menyusun pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.    Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.    Guru mengamati keterampilan peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok dalam menyusun pertanyaan.

Mengumpulkan informasi
a.    Untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun peserta didik diminta untuk membaca uraian materi di buku PPKn Kelas IX Bab I Bagian A, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
b.   Peserta didik secara kelompok juga mencari informasi sesuai Tugas Kelompok 1.1, melalui buku, bertanya kepada guru, melakukan pengamatan, membuka Internet, dan sebagainya.

Mengasosiasi
a.    Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti apa perbedaan dan persamaan pengalaman sejarah mengubah dasar negara.
b.   Peserta didik secara kelompok menyimpulkan tentang pengalaman sejarah mengubah Dasar Negara Pancasila.

Mengomunikasikan
a.  Peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang pengalaman sejarah mengubah Dasar Negara Pancasila. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun ditulis dalam selembar kertas. Manfaatkan sumber daya alam atau bahan bekas yang ada di lingkungan peserta didik untuk membuat bahan tayang.
b. Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok.
1) Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusun sebelumnya.
2) Moderator dipilih dari kelompok lain secara bergiliran.
3) Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
4) Kelompok penyaji bertanya-jawab dan melakukan diskusi dengan peserta didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit.
c.  Peserta didik mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok, misalnya sebagai berikut.
1)     Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
2)     Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat.
3)     Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh moderator.
4)     Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
5)     Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
6)     Guru menjelaskan pedoman penilaian selama penyajian materi, seperti aspek penilaian meliputi beberapa hal berikut.
1.      Kemampuan bertanya
2.      Kebenaran gagasan/materi
3.      Argumentasi yang benar dan logis
4.      Bahasa yang digunakan (bahasa baku)
5.      Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
7)     Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.

3.     Kegiatan Penutup (20 menit)
a.    Bersama peserta didik guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.   Melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari penerapan Pancasila pada masa Orde Lama?
2)     Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3)     Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4)     Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
5)     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.    Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.   Guru memberikan tugas agar peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya yaitu tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.

H. Penilaian
1) Penilaian Kompetensi Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah, iman taqwa, rasa syukur, jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format dibawah ini.

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, Tanggal              : ……………………….
Pertemuan Ke-           : ……………………….
Materi Pokok             : ……………………….



No

Nama
Peserta
Didik

Aspek Penilaian



Iman Taqwa
Rasa
Syukur
Jujur
Disiplin
Tanggung
jawab









Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang  dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Nilai =

2) Penilaian Pengetahuan
 Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Kelompok 1.1 Penskoran Tugas Kelompok 1.1 Tugas kelompok 1. diberi skor maksimal 10.

Nilai =


3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang penerapan Pancasila pada masa orde lama. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Bertanya

Kemampuan Menjawab/
Argumentasi

Memberi Masukan/Saran

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4















Keterangan: diisi dengan tanda cek (√)
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai =


Pedoman Penskoran (rubrik)

No.
Aspek
Penskoran

1.      
Kemampuan
bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

2.      
Kemampuan
menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas


3.      
Kemampuan
 memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/ saran




Mengetahui                                                                            Kota Bima, 18 Juli 2016
Kepala SMP NEGERI 13 KOTA BIMA                                   Guru Mata Pelajaran




Drs. Sulaiman                                                                         Suhardin, S.Pd.,M.M.
NIP 19610217 199203 1 005                                              NIP 19701005 199307 1 003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)

Sekolah                                  : SMP NEGERI 13 KOTA BIMA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/semester                    : IX/Ganjil
Materi pokok                        : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Waktu                                     : 1 x Pertemuan (120 menit)
Tujuan pembelajaran           :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta diddik mampu :
·           Menjelaskan penerapan pancasila pada masa orde baru
·           Menjelaskan penerapan pancasila pada masa orde reformasi
·           Menyusun hasil telaah tentang penerapan pancasila pada masa orde baru dan reformasi
·           Menyajikan hasil telaah tentang penerapan pancasila pada masa orde baru dan reformasi

A.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kpmpetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaranperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupanperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudannilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagaikehidupan

2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasarNegara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembanganzaman.
3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagaikehidupan sehari-hari

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara danpandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasilasebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2 Menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagaidasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaranyang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasilasesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan


B.     Materi Pembelajaran
·        Penerapan Pancasila pada masa orde baru
·        Penerapan Pancasila pada masa Reformasi

C.     Metode pembelajaran
Pada pertemuan ketiga pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan metode problem based learning dan model diskusi kelompok. Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik dimulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan.

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
a.      Gambar 1.4 tentang tawuran pelajar menjadi tantangan dalam penerapan Pancasila di era reformasi
d.      Gambar lain yang relevan
2.     Alat/bahan
a.      Proyektor dan komputer
b.      LCD, laptop
c.       Alat tulis misalnya spidol, crayon, pensil warna

E.      Sumber belajar
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
c.       Buku Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d.      Buku referensi lain

F.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan kedua
1.     Pendahuluan (15 menit)
a.      Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.      Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c.       Kegiatan apersepsi dilakukan dengan melakukan tanya-jawab mengenai
d.      penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
e.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f.         Guru membimbing peserta didik melalui tanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
g.      Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
h.       Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
2.     Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
a.        Peserta Didik diminta untuk mengamati cuplikan berita pada Tugas Mandiri 1.2.
b.        Guru memperhatikan keterampilan peserta didik dalam mengamati berita tersebut.
Menaya
a.        Dengan bimbingan guru peserta didik menyusun pertanyaan-pertanyaan berdasarkan berita tersebut disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.
b.         Peserta didik dengan pertanyaan paling banyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mendapatkan nilai dari guru sebagai rewards.

Mengumpulkan informasi
a.      Dari berbagai pertanyaan yang telah dibuat, peserta didik diminta untuk membaca buku teks Bab I bagian A point 2 dan 3.
b.      Dengan bimbingan guru peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuat peserta didik berdasarkan sumber yang diperoleh.
c.       Peserta didik juga diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Tugas Mandiri 1.2.

Mengasosiasi
a.       Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti : akibat yang ditimbulkan apabila Pancasila tidak dilaksanakan oleh bangsa Indonesia.
b.      Peserta didik secara kelompok menyimpulkan penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
Mengomunikasikan
a.      Dengan bimbinga guru, peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi secara tertulis. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun ditulis pada selembar kertas.
b.      Secara bergiliran tiap-tiap orang menyampaikan hasil telaahnya di depan kelas.
c.       Guru memberikan penilaian terhadap hasil telaah peserta didik.

3.     Kegiatan Penutup (20 menit)
a.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya-jawab secara klasikal.
b.       Bersama-sama melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan materi Penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi. Guru meminta peserta didi menjawab pertanyaan berikut.
1)     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi?
2)      Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3)      Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4)      Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
5)     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.       Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil laporan individu.
d.      d. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari buku PPKn Kelas IX Bab 1 subbab B tentang Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman.

H. Penilaian
1) Penilaian Kompetensi Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah, iman taqwa, rasa syukur, jujur, disiplin dan tanggung jawab. Format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format dibawah ini.


Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, Tanggal              : ……………………….
Pertemuan Ke-           : ……………………….
Materi Pokok             : ……………………….



No

Nama
Peserta
Didik

Aspek Penilaian



Iman Taqwa
Rasa
Syukur
Jujur
Disiplin
Tanggung
jawab









Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang  dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Nilai =

2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2. Penskoran Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 Setiap nomor pada Tugas Mandiri 1.1 dan 1.2 mendapatkan skor maksimal 2 sehingga skor maksimal seluruhnya adalah 20.

Nilai =


3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan masa Reformasi. Lembar penilaian Penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.



No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Bertanya

Kemampuan Menjawab/
Argumentasi

Memberi Masukan/Saran

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4















Keterangan: diisi dengan tanda cek ()
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai =

Pedoman Penskoran (rubrik)
No.
Aspek
Penskoran

1.      

Kemampuan
bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

2.      


Kemampuan
menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas

3.      

Kemampuan
 memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/ saran


Mengetahui                                                                           Kota Bima, 18 Juli 2016
Kepala SMP NEGERI 13 KOTA BIMA                                   Guru Mata Pelajaran




Drs. Sulaiman                                                                         Suhardin, S.Pd.,M.M.
NIP 19610217 199203 1 005                                              NIP 19701005 199307 1 0033
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 03)

Sekolah                                  : SMP NEGERI 13 KOTA BIMA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/semester                    : IX/Ganjil
Materi pokok                        : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan       Pandangan Hidup Bangsa
Waktu                                     : 1 x Pertemuan (120 menit)
Tujuan pembelajaran           :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu :
·     Menjelaskan hakikat ideologi terbuka
·        Menyebutkan ciri khas ideologi terbuka
·        Menjelaskan perbedaan ideologi terbuka dan tertutup
·        Menjelaskan kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka
·        Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam keterbukaan ideologi pancasila
·        Menyebutkan tiga dimensi dari pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural
·        Menyusun hasil telaah tentang hakikat ideologi terbuka
·        Menyajikan hasil telaah tentang hakikat ideologi terbuka

A.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaranperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupanperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudannilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagaikehidupan

2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasarNegara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembanganzaman.
3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagaikehidupan sehari-hari

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara danpandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasilasebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2 Menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagaidasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaranyang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasilasesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

B.     Materi Pembelajaran
·        Hakeket Ideologi terbuka
·        perbedaan ideologi terbuka dan tertutup
·        Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka
·        Nilai-nilai yang terkandung dalam keterbukaan ideologi pancasila
·        Tiga dimensi dari pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural

C.     Metode pembelajaran
Pada pertemuan ketiga pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan metode problem based learning dan model diskusi kelompok. Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik dimulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan.

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
a.      Berita-berita atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan pancasila sebagai ideologi terbuka
b.      Gambar atau tulisan lain yang relevan misalnya diambil di internet
2.        Alat/bahan
a.      Proyektor dan komputer
b.      Alat tulis misalkan spidol, crayon, pensil warna




E.      Sumber belajar
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
c.       Buku Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d.      Buku referensi lain

F.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan ketiga
1.     Pendahuluan (15 menit)
a.      Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.      Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c.       Kegiatan apersepsi dilakukan dengan melakukan tanya-jawab mengenai penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
d.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.       Guru membimbing peserta didik melalui tanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.        Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g.       Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
2.   Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
a.      Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 3-5 orang.
b.      Peserta didik diminta untuk membaca buku Bab I bagian B.
c.       Dengan bimbingan guru, peserta didik diarahkan untuk memahami apa yang dibacanya dengan membuat catatan-catatan.



Menaya
a.       Berdasarkan hasil pengamatan terhadap buku teks Bab I bagian B, peserta didik diminta untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.      Peserta didik dengan pertanyaan paling banyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mendapatkan nilai dari guru sebagai rewards.

Mengumpulkan informasi
a.      Dari berbagai pertanyaan yang telah dibuat, peserta didik diminta untuk membaca buku teks Bab I bagian B.
b.      Dengan bimbingan guru peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuat peserta didik berdasarkan sumber yang diperoleh.
c.        Peserta didik juga diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.3
d.       Guru dapat menjadi narasumber atas pertanyaan peserta didik.

Mengasosiasi
a.       Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
b.       Secara kelompok peserta didik menyimpulkan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Mengomunikasikan
a.      Dengan bimbinga guru, peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka secara tertulis. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun pada selembar kertas.
b.      Secara bergiliran tiap-tiap kelompok menyampaikan hasil telaahnya di depan kelas.
c.       Guru memberikan penilaian terhadap hasil telaah peserta didik.

3.     Kegiatan Penutup (20 Menit)
a.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru secara klasikal.
b.       Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan materi Pancasila sebagai ideologi terbuka. Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari hakikat ideologi terbuka dan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka?
2)     Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3)     Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4)     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.       Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil laporan individu.
d.      Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari buku PPKn Kelas IX Bab I subbab C tentang Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.

H. Penilaian
1) Penilaian Kompetensi Sikap

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, Tanggal              : ……………………….
Pertemuan Ke-           : ……………………….
Materi Pokok             : ……………………….

No

Nama
Peserta
Didik

Aspek Penilaian



Iman Taqwa
Rasa
Syukur
Jujur
Disiplin
Tanggung
jawab








Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang  dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Nilai =

2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.3. Penskoran Tugas Mandiri 1.3 Tugas Mandiri 1.3 mendapatkan skor maksimal seluruhnya adalah 10.

Nilai =


3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman. Lembar penilaian Penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.



No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Bertanya

Kemampuan Menjawab/
Argumentasi

Memberi Masukan/Saran

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4















Keterangan: diisi dengan tanda cek ()
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai =

Pedoman Penskoran (rubrik)
No.
Aspek
Penskoran

4.      
Kemampuan
Bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

5.      
Kemampuan
menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas

6.      
Kemampuan
 memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/ saran


Mengetahui                                                                           Kota Bima, 18 Juli 2016
Kepala SMP NEGERI 13 KOTA BIMA                                   Guru Mata Pelajaran




Drs. Sulaiman                                                                         Suhardin, S.Pd.,M.M.
NIP 19610217 199203 1 005                                              NIP 19701005 199307 1 0033
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 04)

Sekolah                                  : SMP NEGERI 13 KOTA BIMA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/semester                    : IX/Ganjil
Materi pokok                        : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan       Pandangan Hidup Bangsa
Waktu                                     : 1 x Pertemuan (120 menit)
Tujuan Pembelajaran           :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu :
·        Menjelaskan perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang politik
·        Menjelaskan perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang ekonomi
·        Menjelaskan perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang sosial budaya
·        Menjelaskan perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang pertahanan
·        Menyusun hasil telaah tentang perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan
·        Menyajikan hasil telaah tentang perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan

A.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaranperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupanperwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalamberbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudannilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagaikehidupan

2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilaiPancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasarNegara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembanganzaman.
3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagaikehidupan sehari-hari

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara danpandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasilasebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2 Menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagaidasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaranyang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasilasesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

B.     Materi Pembelajaran
·        Perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang politik
·        Perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang ekonomi
·        Perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang sosial budaya
·        Perwujudan nilai-nilai pancasila dibidang pertahanan

C.     Metode pembelajaran
Pada pertemuan keempat pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan metode project based learning, dan model Proyek Kewarganegaraan. Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik dimulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan.

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
a.    Gambar 1.5 Suasana kegiatan gotong royong di masyarakat.
b.   Gambar 1.6 Pemilihan umum dijalankan berdasarkan demokrasi Pancasila
c.    Gambar 1.7 Koperasi sebagai soko guru perekonomian didasarkan Pancasila
d.   Gambar 1.8 Teknologi merupakan salah satu bentuk budaya yang dapat diterima oleh masyarakat
e.    Gambar 1.9 TNI dan Polri sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan
2.     Alat/bahan
a.    Proyektor dan komputer
b.   Alat tulis misalkan spidol, crayon, pensil warna


E.      Sumber belajar
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
c.       Buku Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d.      Buku referensi lain

F.      Langkah –langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan keempat
1.     Pendahuluan (15 menit)
a.       Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.      Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c.      Kegiatan apersepsi dilakukan dengan melakukan tanya-jawab mengenai nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.
d.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.      Guru membimbing peserta didik melalui tanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f.       Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g.       Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.

2.     Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
a.      Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 3-5 orang.
b.      Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 1.5,1.6,1.7,1.8 dan 1.9.
c.    Dengan bimbingan guru, peserta didik mencatat hal-hal yang ingin diketahuinya sesuai gambar yang diamati.
Menaya
a.       Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik diminta untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.      Peserta didik dengan pertanyaan paling banyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mendapatkan nilai dari guru sebagai rewards.

Mengumpulkan informasi
a.       Dari berbagai pertanyaan yang telah dibuat, peserta didik diminta untuk membaca buku teks bab I bagian C. Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan
b.      Tiap-tiap kelompok mengerjakan Tugas Kelompok 1.2.
c.       Masing-masing kelompok membahas perwujudan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa dan Negara.
d.      Dengan bimbingan guru, tiap kelompok menentukan masalah yang akan menjadi pokok bahasannya.
e.      Guru dapat menjadi narasumber atas pertanyaan peserta didik dalam mengerjakan Tugas Kelompok 1.2.

Mengasosiasi
a.       Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
b.      Peserta didik secara kelompok menyimpulkan perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan dengan bimbingan guru.
Mengomunikasikan
a.      Dengan bimbingan guru, peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan secara tertulis.
b.       Laporan berupa displai, bahan tayang, maupun pada selembar kertas.
c.       Tiap kelompok secara bergiliran menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.

G.    Kegiatan Penutup (20 Menit)
a.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru secara klasikal.
b.      Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan materi perwujudan Pancasila dalam berbagai kehidupan. Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari perwujudan nilainilai Pancasila dalam berbagai kehidupan?
2. Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3. Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.       Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran.
d.      Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dengan model Proyek Kewarganegaraan
e.       Peserta didik diminta untk mempersiapkan bahan-bahan berkaitan dengan proyek kewarganegaraan seperti terdapat pada bagian akhir buku teks.

I. Penilaian
1) Penilaian Kompetensi Sikap

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas                           : ……………………….
Hari, Tanggal              : ……………………….
Pertemuan Ke-           : ……………………….
Materi Pokok             : ……………………….

No

Nama
Peserta
Didik

Aspek Penilaian



Iman Taqwa
Rasa
Syukur
Jujur
Disiplin
Tanggung
jawab









Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang  dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Nilai =

2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.2. Penskoran Tugas kelompok 1.2. tugas kelompok 1.2 diberi skor maksimal seluruhnya adalah 10.

Nilai =

3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan. Lembar penilaian Penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.



No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Bertanya

Kemampuan Menjawab/
Argumentasi

Memberi Masukan/Saran

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4















Keterangan: diisi dengan tanda cek ()
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai =

Pedoman Penskoran (rubrik)
No.
Aspek
Penskoran

7.      
Kemampuan
Bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

8.      
Kemampuan
menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas

9.      
Kemampuan
 memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/ saran


Mengetahui                                                                           Kota Bima, 18 Juli 2016
Kepala SMP NEGERI 13 KOTA BIMA                                   Guru Mata Pelajaran



Drs. Sulaiman.                                                                       Suhardin, S.Pd.,M.M.
NIP 19610217 199203 1 005                                              NIP 19701005 199307 1 0033


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 05)

Sekolah                                  : SMP NEGERI 13 KOTA BIMA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/semester                    : IX/Ganjil
Materi pokok                        : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan       Pandangan Hidup Bangsa
Waktu                                     : 1 x Pertemuan (120 menit)
Tujuan Pembelajaran           :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu :
·        Pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksanaan dilingkungan sekolah
·        Pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksanaan dilingkungan masyarakat
·        Menyusun laporan hasil proyek kewarganegaraan yang berkaitan dengan pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksanaan di sekolah, masyarakat dan sebagainya
·        Menyaji hasil telaah proyek kewarganegaraan yang berkaitan dengan pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksanaan di sekolah, masyarakat dan sebagainya

A.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan
berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
1.1.1 Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran
perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam
berbagai kehidupan
1.1.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam pembelajaran perwujudan nilainilai
Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan zaman
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai
Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam
berbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudan
nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai
kehidupan
2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilai
Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar
Negara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan
zaman.
3.1.3 Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai
kehidupan sehari-hari

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan zaman
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2 Menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

B.     Materi Pembelajaran
·        Pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksanaan dilingkungan sekolah
·        Pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksanaan dilingkungan masyarakat

C.     Metode pembelajaran
Pada pertemuan kelima pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan metode project based learning, dan model Proyek Kewarganegaraan. Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik dimulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan.

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
a.      Berita-berita atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan pancasila sebagai ideologi terbuka dalam pelaksaannya disekolah, masyarakat dan sebagainya
b.      Gambar atau tulisan lain yang relevan misalnya diambil di internet
2.     Alat/bahan
c.       Proyektor dan komputer
d.      Alat tulis misalkan spidol, crayon, pensil warna

E.      Sumber belajar
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
c.       Buku Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d.      Buku referensi lain

F.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan kelima
1.   Pendahuluan (15 menit)
a.     Persiapan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.   Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c.     Kegiatan apersepsi dilakukan dengan melakukan tanya-jawab mengenai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan.
d.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.    Guru membimbing peserta didik melalui tanya-jawab tentang manfaat pembelajaran.
f.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g.     Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.

2.   Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
a.      Peserta didik dikelompokan menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4–5 orang.
b.       Peserta didik diminta untuk mengamati dan menyimak penjelasan guru dalam melaksanakan Proyek Kewarganegaraan.
c.       Peserta didik mencatat hal-hal ingin diketahuinya sesuai penjelasan guru.
d.       Tiap kelompok menentukan masalah yang akan menjadi kajian Proyek Kewarganegaraan, dengan fasilitasi guru.



Menaya
a.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang ingin diketahui berkaitan dengan proyek Kewarganegaraan kepada guru.
b.       Tiap kelompok mengkaji latar belakang tema yang diambilnya.
c.       Tiap kelompok mengidentifikasi masalah.
d.      Tiap kelompok merumuskan masalah.
e.      Tiap kelompok menentukan alternatif penyelesaian masalah.
f.        Tiap kelompok menentukan langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam menyelesaikan masalah sesuai alternatif penyelesaian masalah.

Mengumpulkan informasi
a.      Berdasarkan masalah yang ditentukan, setiap kelompok mengumpulkan informasi dari berbagai bentuk, seperti buku, mencari informasi di pepustakaan, wawancara dengan warga sekolah, mencari informasi melalui internet atau bertanya kepada orang yang kompeten dalam menyelesaikan masalah yang menjadi kajian kelompok.
b.      Masing-masing kelompok mencatat hasilnya.
c.       Guru dapat menjadi narasumber atas pertanyaan peserta didik berkaitan dengan Proyek Kewarganegaraan.

Mengasosiasi
c.       Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti apa perbedaan dan persamaan pengalaman sejarah mengubah dasar negara.
d.      Peserta didik secara kelompok menyimpulkan tentang pengalaman sejarah mengubah Dasar Negara Pancasila.

Mengomunikasikan
a.       Dengan bimbingan guru, peserta didik menyusun laporan hasil Proyek Kewarganegaraan.
b.       Laporan berupa displai, bahan tayang, maupun pada selembar kertas.
c.       Tiap kelompok secara bergiliran menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas dengan menempelkan hasil pekerjaannya di dinding kelas.

3.   Kegiatan Penutup (20 menit)
a.        Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru secara klasikal.
b.         Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan materi Proyek Kewarganegaraan. Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari Proyek Kewarganegaraan?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5) Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.         Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran.

H. Penilaian
1) Penilaian Kompetensi Sikap

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, Tanggal              : ……………………….
Pertemuan Ke-           : ……………………….
Materi Pokok             : ……………………….

No
Pernyataan
Skor
Skor Akhir
Nilai
1
2
3
4
A
Sikap beriman dan bertaqwa
1
Saya ber
doa sebelum melakukan kegiatan






2
Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran






3
Saya mengucapkan salam sebelum dan sesudah berbicara






4
Saya tidak mengangganggu ibadah orang lain







No
Pernyataan
Skor
Skor akhir
Nilai
1
2
3
4
B
Sikap jujur






1
Saya tidak menyontek saat ulangan






2
Saya mengerjakan tugas sendiri (tidak menyalin hasil pekerjaan orang lain)






3
Saya mengakui kekeliruan dan kekhilafan






4
Saya melaporkan informasi sesuai fakta






C
Sikap peduli






1
Saya menolong teman yang membutuhkan






2
Saya membuang sampah pada tempatnya






3
Saya simpati terhadap orang lain






4
Saya mendahulukan kepetingan masyarakat/umum






D
Sikap toleransi






1
Saya menghormati pendapat teman






2
Saya memaafkan kesalahan orang lain






3
Saya bergaul tanpa membeda-bedakan






4
Saya tidak memaksakan kehendak.






E
Sikap gotong royong






1
Saya melaksanakan tugas kelompok






2
Saya bekerja sama secara sukarela






3
Saya aktif dalam kerja kelompok






4
Rela berkorban untuk kepentingan umum






F
Sikap santun






1
Saya berprilaku santun dengan orang lain






2
Saya berbicara santun kepada orang lain






3
Saya bersikpa 3 S (salam,senyum, sapa)






Nilai
(SB/B/C/K)



Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang  dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Nilai =

2) Penilaian Pengetahuan
 Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk Tes tertulis, peserta didik diminta untuk mengerjakan Uji Kompetensi Bab I. Penskoran Uji Kompetensi Bab I Setiap nomor mendapatkan skor maksimal 2 sehingga skor maksimal seluruhnya adalah 10.

Nilai =


3) Penilaian Proyek
Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasi, kemampuan menyelidiki dan kemampuan menginformasikan suatu hal secara jelas. Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pelaporan. Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan desain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapan laporan tertulis/lisan. Untuk menilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria penilaian atau rubrik.

No.
Aspek
Kriteria dan skor
1
2
3
4
1
Persiapan




2

Pelaksanaan




3
Pelaporan secara tertulis





Keterangan: diisi dengan tanda cek ()
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai =

Pedoman Penskoran (rubrik)

No.
Aspek
Penskoran

1.      
Kemampuan
bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

2.      
Kemampuan
menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3.      
Kemampuan
 memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/ saran

I.Pengayaan          
Kegiatan pengayaan merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran yaitu materi pada Bab 1. Dalam pengayaan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara dan pilihan. Sebagai contoh peserta didik dapat diberikan bahan bacaan yang relevan dengan materi seperti persoalan-persoalan yang berkaitan dengan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara pada masa Orde Lama, Orde Baru maupun pada masa Reformasi.

J. Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran dan belum mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Bentuk yang dilakukan antara lain peserta didik secara terencana mempelajari buku teks PPKn Kelas IX pada bagian tertentu yang belum dikuasainya. Guru menyediakan soal-soal latihan atau pertanyaan yang merujuk pada pemahaman kembali tentang isi buku teks PPKn Kelas IX Bab 1. Peserta didik diminta komitmennya untuk belajar secara disiplin dalam rangka memahami materi pelajaran yang belum dikuasainya. Guru kemudian mengadakan uji kompetensi kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik yang bersangkutan.

K. Interaksi Guru dan orang tua
Maksud dari kegiatan ini adalah agar terjalin komunikasi antara guru dan orang tua berkaitan dengan kemajuan proses dan hasil belajar yang dilaksanakan dan dicapai peserta didik. Guru harus selalu mengingatkan dan meminta peserta didik memperlihatkan hasil tugas atau pekerjaan yang telah dinilai dan diberi komentar oleh guru kepada orang tua peserta didik berkaitan dengan penilaian berikut.
1. Penilaian sikap selama peserta didik mengikuti pembelajaran pada Bab 1
2. Penilaian pengetahuan melalui penugasan dan kegiatan uji kompetensi Bab 1
3. Penilaian Keterampilan melalui Proyek Kewarganegaraan Orang tua juga harus memberikan komentar atas hasil pekerjaan atau tugas yang dicapai oleh peserta didik sebagai apresiasi dan komitmen untuk bersama-sama mengantarkan peserta didik mencapai prestasi yang lebih baik. Bentuk apresiasi orang tua ini akan menambah semangat peserta didik untuk mempertahankan dan meningkatkan keberhasilannya, baik dalam konteks pemahaman dan penguasaan materi pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Hasil penilaian yang telah diparaf atau ditandatangani guru dan orang tua kemudian disimpan untuk menjadi bagian dari portofolio peserta didik. Untuk itu, pihak sekolah atau guru harus menyediakan format tugas/ pekerjaan peserta didik. Adapun, interaksi antara guru dan orang tua dapat menggunakan format di bawah ini.

Aspek penilaian
Nilai rerata
Komentar guru
Komentar orang tua
Sikap



Pengetahuan

Keterampilan

Paraf/Tanda tangan



Mengetahui                                                                           Kota Bima, 18 Juli 2016
Kepala SMP NEGERI 13 KOTA BIMA                                   Guru Mata Pelajaran




Drs. Sulaiman.                                                                       Suhardin, S.Pd.,M.M.
NIP 19610217 199203 1 005         NIP 19701005 199307 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Seo Blogger Templates - Powered by Sagusablog